BAB I
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A. PROFIL PERUSAHAAN
Nike,
Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika
Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal
karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods,
Ronaldo dan Michael
Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola
dunia seperti Manchester United, Arsenal,
F.C. Basel, Juventus
dll. Perjalanan Nike dimulai ketika Phil Knight, pria yang suka berolahraga dan
Bill Bowerman, pria yang suka mengembangkan sepatu bertemu pada 1957. Pada awal
1960-an, Phil memulai usaha Blue Ribbon Sport yang sekarang
berubah menjadi Nike.
Keduanya
lalu berangkat dari Oregon untuk mewujudkan misi Nike “the service of human
potential”, yang dalam istilah olahraga berarti menolong setiap orang untuk
meraih potensi mereka di bidang masing-masing.
Phil Knight
sekarang dikenal sebagai seorang miliarder, sekaligus co-founder dan mantan CEO
Nike, Inc. Dia juga banyak mendukung University of Oregon, di mana dia
mendapatkan gelar sarjana S1 dalam bidang akuntansi pada tahun 1959.
Phil
gemar berlari sewaktu kuliah di University of Oregon. Pada waktu itu pulalah
ketertarikannya pada sepatu olahraga muncul karena Bowerman waktu itu secara
terus-menerus berusaha mengembangkan sepatu berlari yang baru. Pada masa itu,
sepatu berlari mempunyai kualitas yang jauh lebih buruk dari saat ini.
Merasa
tidak begitu ahli dalam mengembangkan sepatu, Phil seringkali mencoba
bereksperimen dengan sepatu penemuan terbaru Bowerman. Pada waktu dia kuliah di
Stanford GSB inilah mimpinya mengenai Nike mulai muncul. Di dalam kelas bisnis
yang diajar Frank Shallenberger, Phil menemukan cintanya yang lain di samping
olahraga. Dia menyadari bahwa dirinya seorang entrepreneur. Dia menemukan
banyak ide. Di kelas Phil juga belajar membuat business plan. Karya
ilmiahnya yang berjudul ”Can Japanese Sports Shoes Do to German Sports Shoes
What Japanese Cameras Did to German Cameras?”, adalah dasar pikirannya yang
berkembang ke arah berjualan sepatu olahraga.
Dia
juga sempat berkelana ke Jepang untuk mengasah ide-idenya dan juga memuaskan
kehausannya akan hal-hal yang berbau Asia. Di sini pulalah ia mengunjungi
sebuah tempat bernama Onitsuka. Ini adalah tempat dimana sepatu Adidas dibuat.
Phil begitu terkesan dengan kualitasnya yang bagus dan harganya yang murah,
hingga ia memutuskan untuk membuat perjanjian dengan mereka untuk di Amerika
nantinya sebelum pulang.
Penjualan
sepatu yang pertama bagi Phil merupakan awal mula legenda sepatu Nike, dan juga
memungkinkannya untuk keluar dari pekerjaan sebagai akuntan pada tahun 1971.
Sebenarnya nama Nike itu berasal dari saran orang lain. Jeff Johnson, temannya,
menyarankan “Nike”, nama dari dewi Yunani, dan untungnya nama itu ternyata
membawa hoki.
Saat
ini Nike merupakan perusahaan yang memimpin pasar di bidang olahraga dan
fitness. Sebagai pemain kunci di setiap cabang olahraga di setiap penjuru
dunia, Nike mempekerjakan 25.000 tenaga kerja secara langsung, serta satu
juta orang secara tidak langsung. Semuanya mempunyai dedikasi untuk inspirasi
dan inovasi para olahragawan.
B. VISI DAN MISI
1.
Visi Nike.Inc :
“To Bring inspiration and innovation to every athlete in the world”
2.
Misi Nike.Inc :
“the service of human potential”
C. STRUKTUR
ORGANISASI
President & CEO
( Mark Parker)
|
Co-Founder
|
President of Brand
|
Vice President
|
Vice President
|
Vice President
|
Vice President
|
Vice President
|
BAB II
APLIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA
FUNGSI PEMASARAN PERUSAHAAN NIKE.Inc
A. FUNGSI PEMASARAN
Ada
beberapa fungsi pemasaran yang dilakukan PT.Nike.Inc untuk memperlancar
kegiatan perusahaanya, beberapa fungsi pemasaran tersebut antara lain:
i.
Fungsi Penjualan
Fungsi
penjualan merupakan fingsi yang digunakan untuk menyampaikan produk pada
konsumen. Dalam hal ini pemasaran berperan penting untuk meningkatkan penjualan
dalam perusahaan NIKE.Inc. maka dengan kata lain semakin bagus pemasaran produk
maka semakin bagus tingkat penjualan dari produk tersebut.
Ada dua sub fungsi dari fungsi penjualan yaitu :
·
Pembayaran secara Tunai
Dalam Sistem
pembayaran tunai pada umumnya didasarkan
pada asumsi bahwa konsumen membayar langsung secara tunai.
·
Pembayaran secara Kredit
pembayaran kredit adalah pembayaran yang pembayarannya tidak diterima sekaligus
(tidak langsung lunas). Pembayarannya bisa diterima melalui dua tahap atau
lebih yang dilakukan pembayaran secara angsuran.
ii.
Fungsi Promosi dan Periklanan
Selain fungsi
yang penting untuk meningkatkan penjualan. Fungsi kedua ini merupakan fungsi
pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan
dengan NIKE.Inc, fungsi ini dianggap penting karena kebutuhan konsumen akan
informasi produk terbaru dari NIKE.Inc menjadi prioritas perusahaan agar
kepuasan konsumen dapat terpenuhi
B. APLIKASI STI PADA FUNGSI PEMASARAN
Keefektifan fungsi pemasaran sangat
bergantung pada keefektifan
komunikasinya, cara seorang konsumen menerima penawaran pasar yang dilakukan
oleh perusahaan dipengaruhi oleh kuantitas dan jenis informasi yang dimiliki
konsumen tersebut dan reaksinya akan informasi tersebut (Delozier, 1976).
Dengan semakin pesatnya perkembagan zaman maka tidak dapat dipungkiri lagi
bahwa teknologi informasi merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kualitas
pemasaran suatu perusahaan.
Berikut ini beberapa
penerapan sistem teknologi informasi pada fungsi pemasaran di peusahaan
NIKE.Inc antara lain :
i.
Iklan
Iklan
merupakan sebuah alat komunikasi berbayar yang dirancang untuk menginformasikan
dan atau mempersuasi (Copley, 2001). Dalam konteks kali ini NIKE.Inc sudah
menerapkan fungsi iklan secara maksimal baik itu di media massa seperti Koran,
televisi, ataupun radio. Tapi NIKE.Inc sekarang lebih banyak menggunakan media
televisi untuk mengiklankan produknya,mengapa televisi karena televisi dinilai
sebagai media yang paling berhasil dalam menyebarkan informasi atau cerita
dibandingkan dengan media komunikasi lainnya seperti media cetak dan radio. Ada
banyak kelebihan iklan di televisi antara lain memiliki jangkauan yang terluas.
Selain itu iklan televisi mudah beradaptasi dan memungkinkan adanya kombinasi
suara, warna dan gerakan ( Lee, 2005 ). Salah satu strategi periklanan yang
dilakukan oleh NIKE.Inc adalah dengan menggaet bintang- bintang olahraga top
dunia untuk memberikan daya tarik agar orang terbujuk untuk membeli dengan
anggapan bahwa konsumen akan mengenakan sepatu seperti yang idolanya kenakan.
Seakan tidak mau ketinggalan NIKE.Inc juga merangkul situs
jejaring sosial tenama seperti facebook untuk dijadikan media periklanan dan
sebagai sarana komunikasi antar konsumen dan penggemar sepatu NIKE.Inc dan juga
sebagai sarana update produk keluaran terbaru dari NIKE.Inc, sehingga konsumen
bias mendapat informasi yang lebih ter update selain dari website NIKE.Inc
sendiri.
ii.
E-commerce
Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah penggunaan jaringan komputer, terutama internet,
untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi. Hasil e-commerce
adalah serangkain jasa elektronik yang cepat dan murah Sejumlah aplikasi
bisnis terbukti melintasi aktivitas bisnis yang ada, mulai dari pekerjaan
menelusuri perilaku konsumen dalam fungsi pemasaran, ke kerja sama dalam desain
produk pada fungsi produksi, hingga ke percepatan transaksi dalam fungsi
akuntansi.
Dalam hal ini NIKE.Inc sudah membuat website yang
bernama Nike.com didalamnya konsumen dapat melihat secara keseluruhan dari NIKE
berbagai macam jenis produk yang diklasifikasikan secara bagus dan dalam
website tersebut kita dapat melakukan pembelian secara online tanpa harus
keluar rumah. Cukup di depan komputer dan melakukan pemesanan secara online di
NIKE store kita dapat memiliki produk NIKE yang kita inginkan baik berupa spatu
maupun perlengkapan olahraga lainnya, hal ini membuat penjualan dapat dilakukan
secara cepat dan efisien.
Berikut ini adalah alur pengunaan e-commerce yang dilakukan NIKE.Inc :
Pemesan memesan
barang lewat Website
|
Pemesan memasukan
nomor rekening dan alamat pemesan
|
NIKE melakukan
konfirmasibahwa transaksi telah berhasil
|
Barang dikirim ke
pemesan oleh NIKE
|
Barang sampai
ke tangan pemesan
|
iii.
Tracking Order
Tracking order merupakan salah satu fasilitas yang
diberikan oleh NIKE.Inc dan sekaligus salah satu bentuk penerapan teknologi
informasi dalam bidang pengiriman. Fasilitas ini berguna untuk melacak samapai
sejauh mana barang yang kita pesan lewat jalur online terkirim, jadi pada
intinya kita bisa memantau pergerakan pengiriman barang kita setiap waktu.
BAB III
ANALISIS APLIKASI STI PADA FUNGSI
PEMASARAN
Setelah
menjelaskan tentag aplikasi sistem teknologi informasi pada fungsi pemasaran
pada perusahaan NIKE.inc maka didapat analisa mengenai kelebihan dan kekurangan
penerapan STI yang diantaranya sebagai berikut :
A. KELEBIHAN
1.
Penggunaan website sebagai sarana E-commerce menjadikan
NIKE.Inc bisa mencapai pasar yang lebih luas hingga ke berbagai belahan dunia,
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat.Menyediakan informasi barang dan
jasa yang lengkap dan jelas. Selain itu website juga sebagai sarana penyampaian
informasi kepada pelanggan mengenai
produk- produk yang dihasilkan membuat kebutuhan informasi dari konsumen dapat
terpenuhi.
2.
Dengan e-commerce
NIKE dapat melakukan digitalisasi proses dan produk
Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.
Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.
3.
Penggunaan situs jejaring sosial sebagai sarana promosi
juga memberikan dampak postif karena produk dari NIKE.Inc dapat lebih dikenal.
Hal ini terbukti dengan sudah lebih dari 2 juta orang yang mengakses facebook
fan page NIKE. Selain itu situs jejaring sosial juga dapat menjadi sarana
masukan dari konsumen mengenai saran dan kritik megenai produk.
4.
Pembuatan iklan yang melibatkan bintang olahraga top
dunia memberikan daya tarik tersendiri terhadap iklan-iklan nike, sehingga
iklan yang dihasilkan terlihat menarik.
B. KEKURANGAN
1.
Dengan adanya E-commerce melalui intrenet maka akan
memungkinkan timbulnya tindak kriminal seperti penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2.
Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih
baru.
Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru, sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat berkomunikasi dengan infrastruktur berbasis web dan internet. Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi, hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.
Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru, sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat berkomunikasi dengan infrastruktur berbasis web dan internet. Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi, hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.
3.
Kurang Lengkapnya pemilihan bahasa pada website
Nike.com, hal ini menjadi kekurangan karena ada bebrapa bahasa yang tidak
didukung dalam website tersebut contohnya bahasa Indonesia.
4.
Dengan adanya e-commerce
maka akan muncul persaingan tidak sehat,
di bawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.
di bawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pemasaran merupakan fungsi yang penting dalam perusahaan,
karena dengan adanya kinerja yang baik di fungsi ini maka dapat meningkatkan
volume penjualan, hal ini akan berpengaruh pada tingkat laba yang akan
diperoleh perusahaan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi
ini antara lain dengan iklan dan promosi.
Dalam kasus ini yaitu perusahaan NIKE.Inc telah berhasil
menerapkan fungsi pemasarannya dengan baik karena didukung dengan penerapan
teknologi informasi yang baik pula. Hal ini dibuktikan dengan adanya website ,
iklan dan promosi yang di buat secara bermutu sehingga membuat produk NIKE
semakin dikenal dipenjuru dunia.
B. SARAN
Aplikasi teknologi informasi mempunyai banyak keuntungan tapi
kita tidak boleh memungkiri pasti juga ada kerugiannya. Untuk itu pembaharuan
sistem keamanan sebaiknya sering dilakukan secara teratur agar tidak terjadi
tindak kejahatan seperti pencurian identitas pelanggan. Selain itu diharapkan
agar pemberian fasilitas bahasa untuk website lebih dilengkapi agar kepuasan
pengunjung dapat terjaga dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1.NIKE facebook fan page
2. Website resmi NIKE
3.
Iklan NIKE di televisi
4.
Nike Store
5.
Fasilitas Tracking Order
No comments:
Post a Comment