Saturday, November 26, 2011

Sistem informasi manajemen untuk perusahaan NIKE


BAB I

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


A.    PROFIL PERUSAHAAN

Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Arsenal, F.C. Basel, Juventus dll. Perjalanan Nike dimulai ketika Phil Knight, pria yang suka berolahraga dan Bill Bowerman, pria yang suka mengembangkan sepatu bertemu pada 1957. Pada awal 1960-an, Phil memulai usaha Blue Ribbon Sport yang sekarang berubah menjadi Nike.
Keduanya lalu berangkat dari Oregon untuk mewujudkan misi Nike “the service of human potential”, yang dalam istilah olahraga berarti menolong setiap orang untuk meraih potensi mereka di bidang masing-masing.
Phil Knight sekarang dikenal sebagai seorang miliarder, sekaligus co-founder dan mantan CEO Nike, Inc. Dia juga banyak mendukung University of Oregon, di mana dia mendapatkan gelar sarjana S1 dalam bidang akuntansi pada tahun 1959.
Phil gemar berlari sewaktu kuliah di University of Oregon. Pada waktu itu pulalah ketertarikannya pada sepatu olahraga muncul karena Bowerman waktu itu secara terus-menerus berusaha mengembangkan sepatu berlari yang baru. Pada masa itu, sepatu berlari mempunyai kualitas yang jauh lebih buruk dari saat ini.
Merasa tidak begitu ahli dalam mengembangkan sepatu, Phil  seringkali mencoba bereksperimen dengan sepatu penemuan terbaru Bowerman. Pada waktu dia kuliah di Stanford GSB inilah mimpinya mengenai Nike mulai muncul. Di dalam kelas bisnis yang diajar Frank Shallenberger, Phil menemukan cintanya yang lain di samping olahraga. Dia menyadari bahwa dirinya seorang entrepreneur. Dia menemukan banyak ide. Di kelas Phil juga belajar membuat  business plan. Karya ilmiahnya yang berjudul ”Can Japanese Sports Shoes Do to German Sports Shoes What Japanese Cameras Did to German Cameras?”, adalah dasar pikirannya yang berkembang ke arah berjualan sepatu olahraga.
Dia juga sempat berkelana ke Jepang untuk mengasah ide-idenya dan juga memuaskan kehausannya akan hal-hal yang berbau Asia. Di sini pulalah ia mengunjungi sebuah tempat bernama Onitsuka. Ini adalah tempat dimana sepatu Adidas dibuat. Phil begitu terkesan dengan kualitasnya yang bagus dan harganya yang murah, hingga ia memutuskan untuk membuat perjanjian dengan mereka untuk di Amerika nantinya sebelum pulang.
Penjualan sepatu yang pertama bagi Phil merupakan awal mula legenda sepatu Nike, dan juga memungkinkannya untuk keluar dari pekerjaan sebagai akuntan pada tahun 1971. Sebenarnya nama Nike itu berasal dari saran orang lain. Jeff Johnson, temannya, menyarankan “Nike”, nama dari dewi Yunani, dan untungnya nama itu ternyata membawa hoki.
Saat ini Nike merupakan perusahaan yang memimpin pasar di bidang olahraga dan fitness. Sebagai pemain kunci di setiap cabang olahraga di setiap penjuru dunia, Nike mempekerjakan 25.000 tenaga kerja secara  langsung, serta satu juta orang secara tidak langsung. Semuanya mempunyai dedikasi untuk inspirasi dan inovasi para olahragawan.


B.     VISI DAN MISI
1.      Visi Nike.Inc  : “To Bring inspiration and innovation to every athlete in the world”
2.      Misi Nike.Inc :  “the service of human potential”


C.    STRUKTUR  ORGANISASI

President & CEO
( Mark Parker)
Co-Founder
President of Brand
Vice President
Vice President
Vice President
Vice President
Vice President




















BAB II

APLIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI PEMASARAN PERUSAHAAN NIKE.Inc




A.    FUNGSI PEMASARAN
Ada beberapa fungsi pemasaran yang dilakukan PT.Nike.Inc untuk memperlancar kegiatan perusahaanya, beberapa fungsi pemasaran tersebut antara lain:
        i.            Fungsi Penjualan
            Fungsi penjualan merupakan fingsi yang digunakan untuk menyampaikan produk pada konsumen. Dalam hal ini pemasaran berperan penting untuk meningkatkan penjualan dalam perusahaan NIKE.Inc. maka dengan kata lain semakin bagus pemasaran produk maka semakin bagus tingkat penjualan dari produk tersebut.
Ada dua sub fungsi dari fungsi penjualan yaitu :
·         Pembayaran secara Tunai
Dalam Sistem pembayaran  tunai pada umumnya didasarkan pada asumsi bahwa konsumen membayar langsung secara tunai.
·         Pembayaran secara Kredit
pembayaran kredit adalah pembayaran  yang pembayarannya tidak diterima sekaligus (tidak langsung lunas). Pembayarannya bisa diterima melalui dua tahap atau lebih yang dilakukan pembayaran secara angsuran.


      ii.            Fungsi Promosi dan Periklanan
            Selain fungsi yang penting untuk meningkatkan penjualan. Fungsi kedua ini merupakan fungsi pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan dengan NIKE.Inc, fungsi ini dianggap penting karena kebutuhan konsumen akan informasi produk terbaru dari NIKE.Inc menjadi prioritas perusahaan agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi





B.     APLIKASI STI PADA FUNGSI PEMASARAN
            Keefektifan fungsi pemasaran sangat bergantung pada  keefektifan komunikasinya, cara seorang konsumen menerima penawaran pasar yang dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi oleh kuantitas dan jenis informasi yang dimiliki konsumen tersebut dan reaksinya akan informasi tersebut (Delozier, 1976). Dengan semakin pesatnya perkembagan zaman maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi informasi merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kualitas pemasaran suatu perusahaan.

        Berikut ini beberapa penerapan sistem teknologi informasi pada fungsi pemasaran di peusahaan NIKE.Inc antara lain :
        i.            Iklan
            Iklan merupakan sebuah alat komunikasi berbayar yang dirancang untuk menginformasikan dan atau mempersuasi (Copley, 2001). Dalam konteks kali ini NIKE.Inc sudah menerapkan fungsi iklan secara maksimal baik itu di media massa seperti Koran, televisi, ataupun radio. Tapi NIKE.Inc sekarang lebih banyak menggunakan media televisi untuk mengiklankan produknya,mengapa televisi karena televisi dinilai sebagai media yang paling berhasil dalam menyebarkan informasi atau cerita dibandingkan dengan media komunikasi lainnya seperti media cetak dan radio. Ada banyak kelebihan iklan di televisi antara lain memiliki jangkauan yang terluas. Selain itu iklan televisi mudah beradaptasi dan memungkinkan adanya kombinasi suara, warna dan gerakan ( Lee, 2005 ). Salah satu strategi periklanan yang dilakukan oleh NIKE.Inc adalah dengan menggaet bintang- bintang olahraga top dunia untuk memberikan daya tarik agar orang terbujuk untuk membeli dengan anggapan bahwa konsumen akan mengenakan sepatu seperti yang idolanya kenakan.
Seakan tidak mau ketinggalan NIKE.Inc juga merangkul situs jejaring sosial tenama seperti facebook untuk dijadikan media periklanan   dan sebagai sarana komunikasi antar konsumen dan penggemar sepatu NIKE.Inc dan juga sebagai sarana update produk keluaran terbaru dari NIKE.Inc, sehingga konsumen bias mendapat informasi yang lebih ter update selain dari website NIKE.Inc sendiri.



      ii.            E-commerce
               Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah penggunaan jaringan komputer, terutama internet, untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi. Hasil  e-commerce adalah serangkain jasa elektronik yang cepat dan murah Sejumlah aplikasi bisnis terbukti melintasi aktivitas bisnis yang ada, mulai dari pekerjaan menelusuri perilaku konsumen dalam fungsi pemasaran, ke kerja sama dalam desain produk pada fungsi produksi, hingga ke percepatan transaksi dalam fungsi akuntansi.
Dalam hal ini NIKE.Inc sudah membuat website yang bernama Nike.com didalamnya konsumen dapat melihat secara keseluruhan dari NIKE berbagai macam jenis produk yang diklasifikasikan secara bagus dan dalam website tersebut kita dapat melakukan pembelian secara online tanpa harus keluar rumah. Cukup di depan komputer dan melakukan pemesanan secara online di NIKE store kita dapat memiliki produk NIKE yang kita inginkan baik berupa spatu maupun perlengkapan olahraga lainnya, hal ini membuat penjualan dapat dilakukan secara cepat dan efisien.
Berikut ini adalah alur pengunaan e-commerce yang dilakukan NIKE.Inc :

Pemesan memesan barang lewat Website
Pemesan memasukan nomor rekening dan alamat pemesan
NIKE melakukan konfirmasibahwa transaksi telah berhasil
Barang dikirim ke pemesan oleh NIKE
Barang sampai ke  tangan pemesan



















    iii.            Tracking Order
Tracking order merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh NIKE.Inc dan sekaligus salah satu bentuk penerapan teknologi informasi dalam bidang pengiriman. Fasilitas ini berguna untuk melacak samapai sejauh mana barang yang kita pesan lewat jalur online terkirim, jadi pada intinya kita bisa memantau pergerakan pengiriman barang kita setiap waktu.



























BAB III

ANALISIS APLIKASI STI PADA FUNGSI PEMASARAN



Setelah menjelaskan tentag aplikasi sistem teknologi informasi pada fungsi pemasaran pada perusahaan NIKE.inc maka didapat analisa mengenai kelebihan dan kekurangan penerapan STI yang diantaranya sebagai berikut :

A.    KELEBIHAN

1.      Penggunaan website sebagai sarana E-commerce  menjadikan NIKE.Inc bisa mencapai pasar yang lebih luas hingga ke berbagai belahan dunia, Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat.Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. Selain itu website juga sebagai sarana penyampaian informasi kepada pelanggan  mengenai produk- produk yang dihasilkan membuat kebutuhan informasi dari konsumen dapat terpenuhi.
2.      Dengan e-commerce NIKE dapat melakukan digitalisasi proses dan produk
Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.
3.      Penggunaan situs jejaring sosial sebagai sarana promosi juga memberikan dampak postif karena produk dari NIKE.Inc dapat lebih dikenal. Hal ini terbukti dengan sudah lebih dari 2 juta orang yang mengakses facebook fan page NIKE. Selain itu situs jejaring sosial juga dapat menjadi sarana masukan dari konsumen mengenai saran dan kritik megenai produk.
4.      Pembuatan iklan yang melibatkan bintang olahraga top dunia memberikan daya tarik tersendiri terhadap iklan-iklan nike, sehingga iklan yang dihasilkan terlihat menarik.





B.     KEKURANGAN

1.      Dengan adanya E-commerce melalui intrenet maka akan memungkinkan timbulnya tindak kriminal seperti penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2.      Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru.
Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru, sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat berkomunikasi dengan infrastruktur berbasis web dan internet. Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi, hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.
3.      Kurang Lengkapnya pemilihan bahasa pada website Nike.com, hal ini menjadi kekurangan karena ada bebrapa bahasa yang tidak didukung dalam website tersebut contohnya bahasa Indonesia.
4.      Dengan adanya e-commerce maka akan muncul persaingan tidak sehat,
di bawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.















BAB IV

PENUTUP


A.    KESIMPULAN
Pemasaran merupakan fungsi yang penting dalam perusahaan, karena dengan adanya kinerja yang baik di fungsi ini maka dapat meningkatkan volume penjualan, hal ini akan berpengaruh pada tingkat laba yang akan diperoleh perusahaan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi ini antara lain dengan iklan dan promosi.
Dalam kasus ini yaitu perusahaan NIKE.Inc telah berhasil menerapkan fungsi pemasarannya dengan baik karena didukung dengan penerapan teknologi informasi yang baik pula. Hal ini dibuktikan dengan adanya website , iklan dan promosi yang di buat secara bermutu sehingga membuat produk NIKE semakin dikenal dipenjuru dunia.


B.     SARAN
Aplikasi teknologi informasi mempunyai banyak keuntungan tapi kita tidak boleh memungkiri pasti juga ada kerugiannya. Untuk itu pembaharuan sistem keamanan sebaiknya sering dilakukan secara teratur agar tidak terjadi tindak kejahatan seperti pencurian identitas pelanggan. Selain itu diharapkan agar pemberian fasilitas bahasa untuk website lebih dilengkapi agar kepuasan pengunjung dapat terjaga dengan baik.










DAFTAR PUSTAKA










































LAMPIRAN


1.NIKE facebook fan page
 
















2.  Website resmi NIKE
 
















3.      Iklan NIKE di televisi
 












4.      Nike Store














5.      Fasilitas Tracking Order

No comments:

Post a Comment

https://www.facebook.com/plugins/like.php?api_key=113869198637480&channel_url=https%3A%2F%2Fs-static.ak.facebook.com%2Fconnect%2Fxd_arbiter.php%3Fversion%3D9%23cb%3Df57bc848c32068%26origin%3Dhttps%253A%252F%252Fdevelopers.facebook.com%252Ff1d00c8638203fe%26domain%3Ddevelopers.facebook.com%26relation%3Dparent.parent&extended_social_context=false&href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FGlobalPrimeServicegps&layout=standard&locale=en_US&node_type=link&sdk=joey&send=true&show_faces=true&width=450#